KEHANGATAN DITENGAH PERBEDAAN

Kita hidup dibawah langit yang sama, namun tidak semua kita memiliki cakrawala yang sama. Begitu pula semua hal yang ada di dunia. Ada 33 propinsi di Indonesia, semuanya punya ciri khas yang berbeda-beda, namun tetap satu di bawah merah putih tercinta.

Lihatlah bunga, akan lebih indah ketika penuh warna, begitu pun culture yang berbeda terasa ragam budaya yang kaya. Perbedaan itu katanya menimbulkan masalah. Atasan menyalahkan bawahan dan bawahan menuntut atasan. Perbedaan itu menjadi musuh. Yang berkuasa menindas yang kecil dan yang kecil menyalahkan yang berkuasa. Beda itu kesannya aneh, keanehan yang berujung pada perpecahan dan perang dingin antar sesama. Padahal perbedaan bukanlah musibah, melainkan untuk membuat kita lebih bijak dalam menyikapi segala sesuatu.

Perbedaan bukanlah hal yang harus dihindari, namun sesuatu yang harus diterima dengan lapang hati. Ia mengajarkan kita arti toleransi. Ia mendidik kita untuk saling menghargai, dan ia menunjukkan kepada kita makna dari sebuah kehangatan. Perbedaan bukan pula sebuah dosa yang harus dipupus dan dibasmi dari jagat raya. Justru darinya kita belajar hal-hal baru dari seluruh penjuru.

Perbedaan bisa membuat kita bertambah dewasa, meredam keegoisan dan mengedepankan kebersamaan. Perbedaan tidak harus dibesar-besarkan, karena ia memberi mu pengertian tentang keberagaman. Perbedaan bukan siapa yang paling hebat atau paling berkuasa, namun untuk memperkaya pengetahuan kita bahwa kehangatan bisa tercipta dari mana saja. Seperti pertemuan dua laut, tidak melebur namun terlihat indah.

Dengan hati, perbedaan menjadi nutrisi yang mengisi celah-celah kosong, ia bak air dan pasir dalam sebuah wadah, walau bercampur namun tetap menampakkan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan menjadikan kita menjadi diri kita sendiri, karena setiap manusia itu unik dan setiap profesi itu baik, selama apa yang kita lakukan bermanfaat bagi orang banyak. Perbedaan menjadikan sebuah negeri terlihat kaya, menjadikan sebuah laut penuh pesona, menjadikan tanaman penuh warna, serta menjadikan pelangi terlihat indah di angkasa.

Dengan cinta, perbedaan memberi debar-debar penuh rasa. Ada getar yang memicu kita untuk terus berkarya dan berkompetisi secara sehat. Dengan senyum, perbedaan menjadikan kita untuk saling mengenal lebih dalam, ibarat pandangan pertama, ada keingintahuan yang lebih besar tercipta darinya. Dengan pelukan, perbedaan menghadirkan dekapan kehangatan antara si kaya dan si miskin, sehingga strata social bukanlah penghalang untuk saling mengasihi. Dengan kata-kata, perbedaan menambah wawasan kita akan hal baru yang kita baca dari alam sekitar yang penuh arti.

Untuk kamu yang masih berfikir bahwa berbeda itu salah atau sebagai pemicu masalah, cobalah kamu lihat ayah, ibu, atau kakak-adik mu di rumah. Bukankah karakter mereka berbeda-beda? Untuk kamu yang menganggap berbeda itu memisahkan, lihatlah air dan minyak bisa bersama dalam masakan tumisan, namun rasanya enak untuk disantap. Untuk kamu yang mengira perbedaan itu sumber perpecahan, lihatlah kupu-kupu yang terbang, bukankah warna sayapnya yang beragam memunculkan keindahan?


Untuk kamu yang tidak terima sebuah perbedaan, adakah kamu berfikir bahwa kamu yang sekarang ini jauh berbeda dari kamu sewaktu pertama kali dilahirkan? Untuk kamu yang membenci perbedaan, sadarilah bahwa banyak hikmah yang bisa kamu petik darinya dalam kehidupan. Sungguh, ada kehangatan di tengah perbedaan jika kamu menyikapi segala sesuatu dengan hati yang lapang dan pikiran yang positif.



Comments

Popular posts from this blog

TAKE TIME TO LEARN

ALLAH IS THE BEST PLANNER (Part 3)

MUSLIMAH PRODUKTIF ITU, KITA