MUSLIMAH PRODUKTIF ITU, KITA

Kamukah orang yang mau berdaya?
Menjadi produktif merupakan keinginan semua orang, namun tidak semua orang tahu gimana dan bagaimana caranya untuk bisa menjadi lebih produktif.

Hal pertama kali yang perlu dilakukan oleh seorang muslimah untuk bisa produktif adalah MENGENALI DIRI.



Pepatah bilang "tidak kenal, makanya tidak sayang". Jika sudah tidak sayang tidak diperhatikan donk, hehehe. Jika sudah demikian gimana mau menarik perhatian dan melakukan gebrakan, right? :)



Wahai Muslimah! Kenalilah kelebihan dan kekurangan diri mu sendiri. Petakan dengan baik kelebihannya dalam hal apa saja dan kekurangannya juga dalam hal apa saja.

Jika sudah, dari kelebihan tersebut kira-kira mana yang mau kamu kembangkan.
Misalnya, kamu punya kelebihan sebagai berikut:
Punya kemampuan design.
Pintar memasak.
Single

Nah dari kelebihan-kelebihan tersebut coba dipetakan lagi apa kira-kira yang bisa dilakukan untuk bisa lebih produktif. Katakanlah:

1. DESIGN
Atur waktu untuk membuat satu gambar setiap hari (one pics one day). Timenya tinggal diatur saja sendiri kapan enaknya. Kapan kira-kira idenya sering muncul dan nyaman juga untuk designnya.

Jika setiap hari diasah membuat satu gambar, maka kemampuan design kamu menjadi lebih baik dan tentunya hasil yang dibuat menjadi lebih bernilai. Jika sudah demikian insyaAllah menjadi lebih produktif yaa, kan.

2. MEMASAK
Samal halnya seperti diatas, kamu bisa membuat skedul resep apa saja yang mau dimasak selama sepekan. Resep mana yang ingin diuji cobakan.
Apakah itu masakan berat seperti; (lauk pauk tadisional or internasional), cemilan (empek-empek, tekwan, etc), kue (cake or biskuit).

Jadi setiap harinya tinggal kamu esekusi. Misalnya hari ini kamu mencoba resep kue di pagi hari, terus besoknya mencoba resep masakan berat di siang hari, dan lusanya mencoba resep cemilan di sore hari.

Kalau sudah dipetakan begini, produktivitasnya pasti meninggi. Manajemen waktu kamunya juga bisa terkoordinir dengan baik, bener?

3. SINGLE
Status juga sebuah kelebihan guys. Why? Karena status mu bisa mempengaruhi ruang gerak dan peran mu.

Jika masih single, biasanya perannya berupa:
1. Sebagai anak di rumah (memasak & berberes),
2. Sebagai Boss or staff di tempat kerja/bisnis (online/offline),
3. Sebagai leader/anggota dalam sebuah organisasi/komunitas (meeting/ceremony)
4. Sebagai personal (waktu untuk diri sendiri, instrospeksi diri dengan traveling or reading)
5. Sebagai Learner/pembelajar sejati (improve keimanan/skill).

Dari peran-peran tersebut tinggal dipetakan lagi. Misalnya peran kamu sebagai anak yang ingin diasah apa saja. Begitu pun untuk peran yang lainnya poin mana yang ingin dibenahi. Jika semua perannya sudah dilist dengan rapi plus terkoneksi dengan baik. InsyaAllah produktif menjadi milik mu, guys. Tidak akan ada lagi waktu buat bergosip or berleha-leha sia-sia deh. :)

Begitupun halnya dengan kekurangan. Petakan kekurangan mu yang mana yang ingin direduksi/diperbaiki. Caranya juga sama seperti sebelumnya.
Misalnya kekurangan kamu;

Curigaan
Cepat marah
Malas

Dianalisis dulu kenapa bawaannya curigaan, cepat marah dan malasnya. Karena solusi baru akan didapat setelah tahu penyebabnya apa.

Oh saya curigaan karena sering dibohongi misalnya, or kurang dikomunikasikan sesuatu sehingga kesannya ditutupi begitu.

Hmm...ingat lagi firman Allah dalam Al Qur'an
"Hendaklah sekalian kamu menjauhi kebanyakan dari prasangka..."

Jadi biar ga curigaan gimana?
Mendekatlah kepada Allah. Perbaharui iman. Agar hati dan jiwa mu tenang.

Soal apakah yang kita curigai benar atau pun tidak. Semua kembalikan ke Allah saja. Yang penting kitanya bisa mereduksi kebiasaan buruk or kekurangan diri kita, agree?

Begitu pun untuk sikap cepat marah dan malasnya. Kaji dulu kenapa, cari penyebabnya. Jadi nanti solusinya bisa disinergikan dengan kelebihan kamu yang tadi.
Katakanlah untuk mereduksi kekurangan dari sifat kamu yang curigaan dan cepat marah, hati kamu harus tenang. Karena jika hati kamu lagi ringkih cepat banget curigaan dan bawaannya marah-marah terus. Nah yang bisa bikin hati kamu tenang itu kira-kira apa?
Oh ibadahnya harus terjaga dengan baik. Ibadah apa yang mau dirutinkan agar hati mu bisa tenang?
Katakanlah tilawah 1 juz/hari, shalat sunnat Dhuha, Tahajud, etc. So ini bisa masuk dalam list kelebihan di status (Single) mu tadi dibagian personal dan learner.

Hmm...kesannya ribet yah? Ga juga. Itu hanya kamu belum terbiasa untuk perduli pada dirimu sendiri. Belum terbiasa mengatur aktivitas hidup mu secara menyeluruh dan terkonsep secara utuh. Bisa jadi beratnya hanya diawal-awal saja. Setelah sebulan dirutinkan insyaAllah kamu pasti enjoy deh. Lalu lihatlah...betapa produktif dirimu sekarang.😊

Secara umum berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan agar menjadi lebih produktif:

1. Banyak membaca dan pikirkan apa yang dibaca.
Seringkali kita tahu banyak ilmu, namun aplikasi dari ilmunya yang masih minim, sehingga apa yang kita baca tidak menjadikan kita pribadi yang produktif. So bacalah dan pikirkan isinya!


2. Luangkan waktu mu 20 menit setiap hari untuk muhasabah diri.
Ini penting banget. Bicara dengan diri sendiri sama pentingnya dengan bicara dengan pasangan, orang tua dan juga orang lain. Give yourself a time!

3. Stamina spiritualnya harus tetap dijaga. 
Making a plan to improve your iman. Tilawah Qur'an dan ibadah sunnah lainnya akan sangat mempengaruhi kestabilan jiwa mu. Jika jiwa mu tenang semua akan menjadi lebih produktif. Trust it!

4. Jagalah kondisi fisik mu.
Upayakan melakukan olah raga or latihan fisik setiap harinya at least 30 menit. Olah raga ringan seperti joging, senam, etc akan membuat tubuh menjadi lebih segar (sehat) dan rilek sehingga pikiran mu pun menjadi lebih fresh juga.

5. Tingkatkan apresiasi dirimu melalui seni. 
Banyak hal yang berkaitan dengan seni. Misalnya; menulis, melukis, etc. Apapun seninya. Intinya gimana caranya dengan seni tersebut kamu bisa membuat hidup mu tidak membosankan. Tidak kaku dan menjemukan dengan rutinitas yang ada.

6. Buatlah rencana apa yang akan dilakukan esok harinya di malam hari.
Sesuatu yang direncanakan saja belum tentu terealisasi dengan sempurna, benar? Apalagi jika tidak direncanakan, so manage your life better by planning it, and then doing it.

7. Luaskanlah wilayah pergaulan mu.
Dizaman yang canggih seperti sekarang ini, wilayah pergaulan jangkauannya bisa menjadi lebih luas lagi. Bisa antar daerah bahkan antar negara, namun pastikan kamu hanya bergaul dengan orang-orang yang baik. Yang membuat hidup mu lebih baik, bermakna dan kedekatan mu dengan sang Pencipta tetap terjaga.

8. Tingkatkan kontrol terhadap pikiran-pikiran mu. 
Lintasan pikiran menentukan arah hidupmu, guys. Setiap hari begitu banyak lintasan-lintasan pikiran menghantui sejak engkau bangun pagi. Pastikan lintasan pikiran positif yang mendominasi. Dengan demikian kamu tetap bisa berjalan diatas rule yang ada dan terhindar dari hal-hal buruk dan menyalahi norma. Lintasan pikiran akan menjadi niat, dan niat menjadi tekad, kemudian tekad itulah yang akan menjadi program harian mu.

9. Biasakan mencari gagasan.
Take a time to find something by doing a new thing in your life.

10. Biasakan mengontrol emosi mu agar tetap tenang. 
Hal ini bisa dilakukan dengan latihan pernafasan, luangkanlah waktu mu untuk melakukan hal ini. Sungguh sangat membantu dalam mengendalikan emosi sehingga orang tidak tahu kamu gimana. Lagi marah atau pun tidak.


Jadilah perempuan yang produktif. Sebab perempuanlah yang menjadi pengendali pendamping hidupnya. Dalam sebuah Rumah tangga, suami memang kepalanya, namun istrilah petunjuk arahnya.
Seorang perempuan yang memiliki high spirit akan mampu menularkan spiritnya pada pasangan hidupnya dan juga pada anak-anaknya serta orang-orang disekelilingnya.

Kita semua bisa produktif!
Yuk mulai dari sekarang :)

Bismillah...
September ceria,
Mari berkaya.
#ChallengeBloggerJambi

Comments

  1. Mantap...mksh sharingnya mina....

    ReplyDelete
  2. mba, afwan baru komen yaa. Minggu kemaren padat banget soalnya *cieelah* hahah. Ih senangnya ada yang menganggap single sebagai kelebihan, biasanya remaja jaman sekarang galau mulu karena jomlo. Keep productive mba, barakallah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TAKE TIME TO LEARN

ALLAH IS THE BEST PLANNER (Part 3)