KARENA KITA INDONESIA

Kata orang, nasionalisme itu akan muncul saat kita keluar negeri. Nasionalisme itu akan hadir saat kita berlayar keluar dari pulau dimana kita hidup dan lahir. I think ungkapan itu ada benarnya, kala ku jajaki beragam tempat di negeri ini, aku semakin cinta indonesia, bahagia rasanya melihat indahnya panorama alam negeri ini, sungguh menawan, jiwaku pun haru bertemu wajah-wajah baru yang hangat, ramah dan sarat ilmu.

Karena kita Indonesia, maka apapun nama sukunya, apapun nama pulaunya, bukanlah penghalang bagi kita  untuk berangkulan dan bergerak bersama demi kemajuan bangsa ini. Karena kita Indonesia, bukan siapa yang lebih hebat dan kuat diantara kita, namun apa yang bisa kita perbuat dimanapun kita berada untuk bangsa kita tercinta. Karena kita Indonesia, bersama insyaAllah kita bisa!

Namun yang lebih tinggi dari sebuah nasionalisme adalah 'iman' kita teman. Karena keimanan mengajarkan kita untuk berbuat baik terhadap siapa saja, bukan hanya lewat kata-kata, namun juga melalui tindakan (sikap) dan hati. Karenanya ia menjadi nasionalisme tertinggi bagi manusia.

Nasionalisme yang tertinggi itu bisa menjadi solusi...sebagaimana ungkapan dari salah satu pahlawan nasional kita Jenderal Sudirman "Segala sesuatu bisa diselesaikan dengan iman". Artinya selama kita memiliki iman, apapun bisa kita selesaikan dan kita hadapi.

Karena kita indonesia, iman kita kuat terpatri. Karena kita indonesia, perbedaan menjadikan iman kita lebih kokoh dan sikap kita lebih hormat. Karena kita indonesia, segalanya bisa kita selesaikan dengan iman. Mengedepankan prasangka baik, mengupayakan ikhtiar maksimal dan berdoa pada Sang Pemberi Kehidupan. Hanya itu tugas kita. InsyaAllah semua hal pelit yang dialami negeri kita saat ini, baik dari sisi ekonomi maupun keamanan serta pangan, akan segera teratasi insyaAllah. Aamiin...


Karena kita Indonesia, pantang bagi kita berputus asa. Ini bangsa yang besar, tugas kita bersama untuk membuatnya memiliki peradaban yang besar.



Comments

Popular posts from this blog

TAKE TIME TO LEARN

ALLAH IS THE BEST PLANNER (Part 3)

MUSLIMAH PRODUKTIF ITU, KITA